Selasa, 25 Juli 2017

Bukan Hanya Harga Jual Kambing Kurban, Kenali Pula Jenisnya

Tidak ada komentar :
harga jual kambing kurban

Ketika hari raya kurban segera datang, harga jual kambing kurban pun menjadi hal yang paling di cari. Namun, tahukah Anda jika harga ini juga dipengaruhi oleh jenis kambing yang nantinya akan Anda beli? Indonesia merupakan lumbung ternak paling baik, lingkungan Indonesia yang sejuk dan tropis begitu cocok untuk pengembangan hewan ternak berkualitas ekspor. Penasaran apa saja jenis kambing kurban yang berada di Indonesia?

Pertama, kambing kacang, kambing jenis ini merupakan kambing yang rasnya paling unggul dan pertama kali dikembangkan di Indonesia. biasanya tubuh kambing ini relatif kecil dan kepala yang ringan, warna bulunya tunggal putih, cokelat, hitam atau pun kombinasi dari ketiganya, kambing kacang ini juga sering digunakan sebagai kambing kurban di negara kita.

Kedua, kambing etawa. Bila Anda tinggal di daerah Jawa, mungkin Anda sudah sangat akrab dengan kambing etawa ini. kambing etawa merupakan ras kambing unggulan. kambing etawa awalnya didatangkan dari India, kambing etawa memiliki berbagai macam fungsi, selain bisa diternakkan, kambing etawa juga sebagai penghasil susu yang sangat menyehatkan. kambing etawa dapat digunakan sebagai kambing kurban, kambing etawa memiliki ukuran dengan tinggi mencapai 127 cm, cukup tinggi jika kita bandingkan dengan kambing jenis lainnya, kambing etawa dapat menghasilkan susu hingga 3 liter dalam sehari, untuk mengenali kambing etawa ini, ciri yang paling mudah terlihat adalah telinganya yang berukuran panjang serta terkulai ke bawah.

Ketiga, kambing kosta. kambing kosta disebut juga sebagai kambing kota, mengapa kambing kosta ini dapat disebut sebagai kambing kota? Hal ini disebabkan kambing kosta umumnya tersebar di daerah kota seperti Jakarta dan Banten. kambing kosta menjadi salah satu ras unggulan yang diminati ketika hari kurban tiba. ciri khas yang dimiliki oleh kambing kosta ini, kambing kosta mempunyai bentuk tubuh yang sedang, hidung lebih rata serta tanduk pendek. Dulu, kambing kosta adalah hasil dari persilangan ras unggulan antara kambing kacang serta khasmir. Ciri unik lain yang dimiliki oleh kambing kosta adalah selalu adanya motif garis sejajar di bagian kiri dan kanan muka kambing. Kambing kosta diminati sebagai kambing kurban karena bentuk tubuhnya yang lebih gemuk bagian belakang.

Terakhir, kambing boer. kambing boer adalah jenis kambing pedaging yang begitu digemari oleh peternak, kambing boer begitu populer dan digunakan sebagai kambing kurban berkualitas super, kambing boer berasal dari Afrika Selatan, pertumbuhan dari kambing boer bisa dikatakan cukup cepat bila dibandingkan dengan kambing jenis yang lain, berat kambing boer ini dapat mencapai 35 hingga 45 kilogram, di usia 6 bulan. Bila diternakkan selama 3 tahun, berat kambing boer bisa mencapai 150 kilogram.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar